Selasa, 02 Oktober 2012

Muhasabah

Acara ditutup dengan doa kafaratul majlis. Semua hadirin beranjak meninggalkan tempat ia duduk selama acara. Rauh riung terdengar. Ada yang menyalami teman-temannya. Ada yang baru berkenalan. Ada juga buru-buru keluar ruangan karena hari sudah malam. Sungguh aku rindukan suasana berkumpul bersama orang-orang seperti mereka, yang membuatku ingat pada Sang Pencipta. Aku rasakan hangatnya persahabatan dalam dekapan ukhuwah islamiyah. Meskipun baru kenal, kami sudah seperti saudara karena kami sehati dalam mencari ridha Ilahi. :)

Aku bangkit dari tempatku duduk. Tiba-tiba dadaku sakit. Jangankan untuk berdiri. Bernafaspun terasa sakit. Ku tahan rasa sakit tanpa rintihan.
Aku berhasil berdiri. Ku tarik nafas pendek-pendek agar tidak membuat dadaku sakit. Entah apa yang aku rasakan ini.
Tiba-tiba saja aku teringat akan sesuatu. Kematian. Kali ini mungkin jantungku masih berdetak. Tapi beberapa detik kemudian? Siapa yang bisa menjamin?
Entah sadar atau tidak, dalam hati aku bicara begini
"Ya Allah jika tiba batas waktuku, ambilah aku dalam keadaan husnul khatimah, dalam perjalanan dakwah ini"
Kupejamkan mataku.
Perlahan rasa sakit itu menghilang...
Ya Allah... begitu indah peringatan-Mu
Engkau ingatkan aku pada sebuah kepastian dimana semua makhluk hidup dapat merasakannya.
Engkau ingatkan aku dengan cara yang begitu halus.
Semoga kita semua istiqamah sampai ajal menjemput... Semoga kita diberi kesempatan untuk taubat sebelum meninggal dan semoga kita bisa menyebut asma-Nya saat sakaratul maut.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon kritik dan saran untuk perbaikan artikel atau blog.