Selasa, 06 Desember 2011

SMAN 3 Sukabumi Gelar Tarbiyyatul Qubran

Senin, 7 November 2011, SMAN 3 Sukabumi memperingati hari besar Islam, yaitu Hari Raya Idul Adha 1432 H dengan mengurbankan 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Tarbiyatul Qurban (TQ) merupakan acara rutin SMAN 3 setiap Hari Raya Idul Adha. TQ adalah salah satu program kerja tahunan Jamestar (Remaja Mesjid al-Muchtar). Tema dari kegiatan ini adalah “Tingkatkan Iman di Hati, Berkurbanlah dengan Nurani”. Maksud diselenggarakan acara tarbiyatul qurban adalah untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT., sebagai media ibadah yang bersifat social dan sebagai Tarbiyah guna menambah keilmuan ibadah qurban.

Surah al-Kautsar ayat 2
Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu; dan berkorbanlah. 

Surah al-Hajj ayat 28
..supaya mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada h ari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya...

Surah al-Kautsar ayat 2 dan surah Al-Hajj ayat 28 menjadi landasan dilaksanakannya qurban. Maksud dari ayat tersebut adalah Allah menyuruh manusia untuk berkorban dengan menyembelih hewan qurban. Hewan qurban yang disembelih itu merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat Allah.

Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci al-Quran oleh Nurul Falah kelas X-5 dan saritilawah oleh Siti Sarah kelas X-6. Selanjutnya sambutan dari pak Agus Indrayana selaku perwakilan kepala sekolah SMAN 3 Sukabumi. Hewan qurban diserahkan secara simbolis dari ketua pelaksana TQ sebagai perwakilan siswa-siswi SMAN 3 kepada pihak sekolah. Setelah itu acara dilanjutkan dengan tausyiyah dari ketua panitia Bapak Darma Setiabudi. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh bapak Abdulrozak.

Daging sapi dan kambing yang telah disamakan beratnya dimasukkan kedalam kantung untuk dibagikan. Daging tersebut dibagikan kepada tiap-tiap kelas dan ekstrakulikuler serta kepada masyarakat yang tinggal di sekitar SMAN 3 Sukabumi.

“Alhamdulillah acara berjalan sesuai dengan rencana, panitia bekerja sesuai dengan baik dan saya bersyukur masyarakat SMAN 3 bisa menikmati daging yang diqurbankan” tutur ketua pelaksana Tarbiyatul Qurban, Syahril Raffi Suganda.

Semoga acara tarbiyatul qurban ini mendapat rahmat serta ridha dari Allah swt. dan bermanfaat untuk semua masyarakat SMAN 3. Setelah TQ ini siswa-siswi SMAN 3 diharapkan dapat mengambil hikmah dan mendapat ilmu dalam kemasyarakatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon kritik dan saran untuk perbaikan artikel atau blog.